BEM FSainstek adakan BIGTEK Buat Mahasiswa Angkatan 2019 (09 Nov 20)

POPALIA, KOLAKA, SULAWESI TENGGARA – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Sains dan Teknologi bebarapa hari lalu menyelenggarakan kegiatan Bina Generasi Sains dan Teknologi (BIGTEK). Kegiatan ini dilaksanakan secara daring pada hari Sabtu, 07 November 2020 via Zoom yang seluruh panitianya melakukan siaran langsung dari Aula Gedung Baru Fakultas Sains dan Teknologi Kampus Baru Popalia, Desa Popalia, Kecamatan Tanggetada, Kabupaten Kolaka.

Dengan mengangkat tema “Membentuk Generasi yang Intelektual, Kreatif dan Inovatif” Bigtek kali ini yang dilaksanakan di tengah wabah pandemi COVID-19 dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Sains dan Teknologi (FSainstek) USN Kolaka menghadirkan 6 (enam) orang narasumber dengan berbagai materi yang sangat menarik. Hadir sebagai narasumber :

  1. Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, Rina Rembah, S.T., M.T. yang baru saja dilantik sehari sebelumnya, menyampaikan materi terkait Etika Profesi.
  2. Ir. Sahrul, S.T., M.T., IPP. Menyampaikan materi Manajemen Organisasi dan Kepemimpinan.
  3. Dandim 1412 Kolaka yang didapuk menyampaikan materi Nasionalisme dan Pancasila.
  4. Kapolres Kolaka menyampaikan Manajemen Komunikasi.
  5. Mashar dalam hal ini sebagai ketua BEM FSainstek USN Kolaka memberikan materi Sejarah BEM.
  6. Rahmat Hidayat selaku Demisioner BEM FSainstek menyampaikan materi Sejarah Pergerakan Mahasiswa.

Di hadapan 300 orang lebih peserta yang mayoritas mahasiswa baru lingkup Fsaintek USN Kolaka, Rina Rembah berpesan kepada para mahasiswa untuk menjaga diri dari pergaulan negatif. Sehingga tidak terjerumus dalam hal-hal yang merusak masa depannya.

Rina Rembah menambahkan, perkembangan zaman yang semakin modern menuju revolusi Industri 4.0 dengan kecanggihannya, berbagai dampak negatif bermunculan. Ini dapat menjadi virus yang merusak jiwa pemuda-pemudi yang masih labil dalam mensikapi euforia perkembangan zaman.

Diakhir sambutannya, Dia menambahkan slogan yang selalu menjadi ciri khasnya ketika tampil disetiap kegiatan, “Hanya Orang-Orang Pilihan yang BERANI masuk Fakultas Sains dan Teknologi #InspiringFST #USNSelaluBisa FST Jaya… Jaya… Jaya…” ujar Rina Rembah sembari membuka acara Bigtek FSainstek USN Kolaka.

Hadir sebagai narasumber, Dekan FSainstek USN Kolaka, Rina Rembah, S.T., M.T. didapuk untuk menyampaikan materi Etika Profesi. Menurutnya Kode Etik Profesi adalah sebuah profesi hanya dapat memperoleh kepercayaan dari masyarakat, bilamana dalam diri para elit profesional tersebut ada kesadaran kuat untuk mengindahkan etika profesi pada saat mereka ingin memberikan jasa keahlian profesi kepada masyarakat yang memerlukannya.

“Adanya kesimbangan antara kegiatan kemahasiswaan dan organisasi... Untuk bisa menuju kesana maka harus ada etika d dalamnya... etika dalam artian luas.” tambahnya.

Lebih jauh, Rina Rembah menyampaikan, untuk sukses meniti karier kita harus memiliki IQ (keterampilan dan pengetahuan, EQ (simpati/kepekaan sosial), SQ (ketulusan hati), AQ (tantangan menjadi peluang), dan CQ (kreativitas).

“Hasil itu tidak akan pernah mengkhianati usaha” pesannya.

Mengakhiri materinya beliau menyampaikan Clossing Statement-nya “Tidak ada manusia yang bodoh, yang ada hanyalah manusia yang tidak bertanggungjawab”.

Di awal materi Ir. Sahrul, S.T., M.T., IPP., Ketua Program Studi Teknik Pertambangan yang hadir membawakan materi Manajemen Organisasi dan Kepemimpinan menyatakan program studi teknik pertambangan siap menjadi lokomotif peningkatan sumber daya manusia bidang pertambangan bagi masyarakat Sulawesi tenggara khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Lebih lanjut, Ir. Sahrul menyampaikan manajemen kepemimpinan merupakan komponen penting yang wajib dimiliki untuk mewujudkan tujuan dari suatu organisasi dan untuk mewujudkannya seorang pemimpin minimal memiliki 3 hal yaitu Goal Power, Follower Power, Communication Power.

Sementara itu, selain mahasiswa angkatan 2019, peserta yang hadir dalam kegiatan bina generasi sainstek adalah para pengurus lembaga kemahasiswaan dari delapan program studi dalam lingkup Fakultas Sains dan Teknologi. Hadir pula para Ketua Program Studi lingkup FSainstek dan beberapa undangan. (Thur_RR)