Tandai Hari Lingkungan Hidup Sedunia, F-Sainstek Lakukan Aksi Tanam Pohon (15 Jun 21)

POPALIA, SULAWESI TENGGARA  –  Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS) yang jatuh setiap tanggal 05 Juni setiap tahunnya, Fakultas Sains dan Teknologi (F-Sainstek) USN Kolaka melakukan aksi penanaman pohon sebanyak 29 pohon di sekitar gedung F-Sainstek Kampus Baru Popalia, Kec. Tanggetada, Kab. Kolaka, Senin (14/6/2021).

Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau istilah yang sering dipakai di dunia yaitu World Environment Day (WED) dicanangkan PBB demi menggugah kesadaran masyarakat di seluruh dunia untuk bersama-sama menjaga lingkungan dan menciptakan ekosistem hijau yang lestari. Sejarah WED atau Hari Lingkungan Hidup Sedunia berawal dari ketika PBB menggelar konferensi pertama tentang lingkungan hidup yang kemudian menghasilkan Deklarasi Stockholm pada tanggal 5 Juni 1972. Memperingati hari tersebut, Tahun 2021 ini ditengah wabah pandemi COVID-19 United Nations Environment Programme atau UNEP mengusung tema Ecosystem Restoration.

Aksi penanaman pohon ini dilakukan F-Sainstek sebagai bentuk perwujudan peduli akan kelestarian lingkungan dan dijadikan sebagai momentum membangkitkan kesadaran masyarakat ilmiah (dalam hal ini civitas akademika) agar melakukan hal positif demi menyelamatkan lingkungan.

Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, Rina Rembah yang hadir langsung di lokasi penanaman mengungkapkan bahwa “Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2021 dilakukan secara terbatas sesuai protokol kesehatan karena saat ini kita dalam masa Pandemi”.

Melanjutkan sambutannya, beliau menyatakan bahwa penanaman pohon pada hari ini dilakukan untuk membantu memulihkan ekosistem bumi yang telah rusak, serta melestarikan ekosistem yang ada saat ini agar tetap utuh dan terjaga.

“Janganlah merusak ekosistem dan lingkungan yang telah ada tetapi sadar dan berpikirlah dengan apa yang telah kamu berikan terhadap lingkungan/bumi” ungkap beliau di akhir sambutannya. (koh_aahong)