Pemuda Sebagai Poros Pergerakan di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru (29 Oct 20)

KOLAKA, SULAWESI TENGGARA – Momen Peringatan Hari Sumpah Pemuda dan komitmen Indonesia untuk mengurangi sampah padat sejumlah 70% pada tahun 2025 diperingati oleh pemuda di Kab. Kolaka melalui penyelenggaraan Bakti Sosial Aksi Pungut Sampah yang kali ini dilaksanakan di Daerah Wisata Kuliner Kab. Kolaka pada Rabu (28/10/2020).

Baksos Aksi Pungut Sampah ini dilakukan oleh ratusan pemuda dan mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi di Kab. Kolaka, Sulawesi Tenggara, dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-92 Tahun yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober. Aksi pungut sampah ini merupakan bentuk ekspresi kesadaran dan kepedulian mahasiswa serta mahasiswa sebagai pemuda poros pergerakan dalam memerangi sampah di tengah wabah COVID-19 dalam masa adaptasi kebiasan baru, serta menciptakan dampak yang lebih luas pada generasi muda untuk lebih terlibat dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.

Kegiatan aksi ini terselenggara atas kerjasama antara Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Sembilanbelas November Kolaka dengan Dinas Lingkungan Hidup Kab. Kolaka dan Dinas PUPR Kab. Kolaka.

Aksi pungut sampah ini digelar mulai pukul 08.30 WITA dengan melakukan long march mulai dari Tugu BRI Wisata Kuliner atau yang lebih dikenal kebanyakan masyarakat Kolaka dengan istilah wiskul, menyusuri jalan sepanjang wiskul dan berakhir di muara sungai daerah wiskul tersebut. Acara ini turut dihadiri oleh beberapa pegawai pemerintahan, Wakil Dekan I bidang Akademik dan Kemahasiswaan Rina Rembah, S.T., M.T., Ketua Panitia Awaluddin, Pjs Ketua BEM FSainstek Zulkadri, Ketua Ikatan Alumni Fakultas Sains dan Teknologi yang diwakili oleh Mimir, serta beberapa mahasiswa dari masing-masing program studi di lingkup FSainstek USN Kolaka.

Dalam sambutan hangatnya, Wakil Dekan I Rina Rembah, S.T., M.T. menyampaikan “Bentuk perjuangan pemuda tahun 1928 berbeda dengan tahun 2020, musuh dan tantangannya beda sehingga dibutuhkan kebersamaan dan kerjasama.”

“Bentuk kecil dari peran pemuda, tanggap melihat kondisi masyarakat sekitar dan sampah merupakan masalah klasik di perkotaan yang skala kecil tapi efek yang ditimbulkan sangat besar.” Imbuhnya.

Diakhir sambutannya beliau menyatakan pihak fakultas sainstek mengapresiasi kegiatan dalam memperingati hari sumpah pemuda ke 92 tahun yang dikomandoi oleh BEM FST dan ucapan terima kasih kepada panitia dan pihak-pihak yang telah bekerja sehingga kegiatan peringatan sumpah pemuda ke-92 dapat terlaksana dengan baik dan sukses.... #InspiringFST  #USNSelaluBisa  #FST... JAYA... JAYA... JAYA… (Thur_RR)