Dosen Keperawatan USN Kolaka Wakil Indonesia Dalam Pelatihan Internasional (03 Apr 21)

KOLAKA, SULAWESI TENGGARA  –  Dosen Keperawatan Fakultas Sains dan Teknologi USN Kolaka atas nama Yodang, S.Kep., Ns., M.Pall.Care. menjadi satu-satunya delegasi dari Indonesia untuk mengikuti pelatihan internasional “The 8th  International Public Health Management Development Program” yang diselenggarakan oleh Department of Community Medicine and School of Public Health, Post Graduate Institute of Medical Education and Research (PGIMER), Chandigarh, India. Program tersebut di laksanakan selama 5 hari yang dimulai pada hari Senin tanggal 22 Maret hingga Jum’at tanggal 26 Maret 2021. Program ini didukung oleh Indian Technical and Economic Cooperation Program yang pengelolaannya di bawah Kementerian Luar Negeri (The Ministry of External Affairs) India.

Program pelatihan ini di ikuti oleh sekitar 86 orang delegasi dari 33 negara yaitu Afghanistan, Argentina, Azerbaijan, Armenia, Bahrain, Bangladesh, Bhutan, Bolivia, Botswana, Cambodia, Chile, Equator, Egypt, Ethopia, Indonesia, Jordan, Kenya, Kingdom Of Eswatini, Maldives, Marocco, Myanmar, Nepal, Nigeria, Papua Guinea, Peru, Philippines, Somalia, St. Kitts and Nevis, Sudan, Trinidad and Tobago, Tanzania, dan Tunisia.

Program ini bertujuan untuk meningkat keterampilan dan kompetensi para tenaga kesehatan terutama yang berada pada level menengah dan senior untuk dapat mengelola masalah kesehatan masyarakat sekaligus untuk meningkatkan efisiensi organisasi terkhusus pada organisasi yang mengalami keterbatasan sumber daya. Selama pelatihan peserta mendapatkan materi dengan topik yang sangat menarik dan sesuai dengan kondisi di negara peserta seperti sistem pelayanan kesehatan, universal health coverage dan sustainable development goals, manajemen kesehatan masyarakat, pendidikan manajemen kesehatan masyarakat konteks dunia dan India, model kepemimpinan dalam pelayanan kesehatan, tipe dan perilaku kepemimpinan, konsep tentang perencanaan program kesehatan, instrument dalam menyusun perencanaan program kesehatan, motivasi dan moral, team building, forecasting dan analisis jabatan/pekerjaan, rekrutmen dan seleksi sumber daya kesehatan, budgeting, costing, prinsip komunikasi efektif, advokasi di pelayanan kesehatan, prinsip manajemen supply-chain, inventory control techniques, kualitas pelayanan kesehatan, monitoring dan evaluasi program serta pelayanan kesehatan.

Setelah mengikuti kegiatan tersebut setiap peserta akan menyusun program kerja untuk di laporkan secara berkala sebagai bentuk evaluasi dan komitmen peserta untuk mengimplementasikan pengetahuan dan keterampilan yang didapatkan selama pelatihan. (YOD)