USN Kolaka Sosialisasikan SNMPTN, UTBK-SBMPTN, dan Jalur Mandiri 2021 Secara Daring (10 Mar 21)

KOLAKA, SULAWESI TENGGARA  –  Universitas Sembilanbelas November Kolaka menggelar sosialisasi seleksi masuk PTN melalui Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN), Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) dan Jalur Mandiri tahun 2021. Sosialisasi Daring “SNMPTN, UTBK - SBMPTN dan Jalur Mandiri USN Kolaka 2021” diselenggarakan pada Rabu, 10 Maret 2021 pukul 09.00 WITA. Sosialisasi ini dilangsungkan melalui Zoom Meeting yang diikuti oleh peserta dari berbagai sekolah menengah di kawasan Sulawesi Tenggara khususnya di Kabupaten Kolaka.

Rektor Universitas Sembilanbelas November Kolaka, Dr. Azhari, S.STP., M.Si. berkenan hadir dan membuka acara “Sosialisasi SNMPTN, UTBK - SBMPTN, dan Jalur Masuk USN Kolaka 2021”. Pembicara pada sosialisasi tersebut adalah Wakil Rektor bidang Akademik USN Kolaka, Prof. Dr. Ruslin Hadanu, M.Si. Turut hadir pula memberikan sambutan para Dekan dalam lingkup USN Kolaka.

Dalam sambutannya, Rektor USN Kolaka menjelaskan “USN Kolaka memiliki 6 fakultas, yaitu Fakultas Hukum, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Pertanian, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Teknik, dan Fakultas Teknologi Informasi dengan 30 (tiga puluh) Program Studi, yaitu: Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Agribisnis, Agroteknologi, Ilmu Perikanan, Peternakan, Administrasi Publik, Hukum, Teknik Pertambangan, Teknik Sipil, Sistem Informasi, Pendidikan Geografi, Pendidikan Jasmani, Pendidikan Pancasila, Pendidikan Biologi, Pendidikan Kimia, Manajemen, Akuntansi, Ekonomi Pembangunan, Kimia, Teknologi Hasil Pertanian, Ilmu Komputer, D3 Keperawatan, Farmasi, Pendidikan Fisika, Matematika, Ilmu Kelautan, Teknik Mesin, dan Teknik Perkapalan.”

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut, juga diberikan kesempatan kepada Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, Rina Rembah, S.T., M.T., CPHCM. untuk mengenalkan fakultas yang dipimpinnya. “Fakultas Sains dan Teknologi membawahi 8 program studi : S-1 Teknik Pertambangan, S-1 Teknik Sipil, D-3 Keperawatan, S-1 Farmasi, S-1 Kimia, S-1 Teknik Perkapalan, S-1 Teknik Mesin, dan S-1 Matematika” ujar Rina Rembah dalam sambutannya.Melanjutkan sambutannya, satu-satunya Dekan wanita dalam lingkup USN Kolaka itu juga menyampaikan kegiatan-kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan kegiatan kemahasiswaan yang dilakukan.

“Kegiatan pembelajaran yang dilakukan selalu di eraborasikan dengan kegiatan praktek laboratorium dan praktek lapangan sehingga terkoneksi antara teori dengan praktek di lapangan, sedangkan untuk penelitian dan pengabdian masyarakat selalu di arahkan ke berbasis produk sehingga menjadi problem solver di masyarakat, pemerintah dan stakeholder lainnya” imbuhnya.

Menutup sambutannya, beliau menambahkan slogan yang selalu menjadi ciri khasnya ketika tampil disetiap kegiatan, “Hanya Orang-Orang Pilihan yang BERANI masuk Fakultas Sains dan Teknologi”. Lebih lanjut beliau menjelaskan arti kata BERANI (B = Brain; E = Empathy; R = Rational, Responsibility & Relationship; A = Active, Actual & Accountable; N = Neutral; I = Innovative & Integrity).