Dosen D-3 Keperawatan USN Kolaka menjadi dosen tamu di Jawa Timur (08 Mar 21)

KOLAKA, SULAWESI TENGGARA – Sabtu (06/03/21), Yodang, S.Kep., Ns., M.Pall.Care. dosen Program Studi Diploma Tiga Keperawatan, Fakultas Sains dan Teknologi, USN Kolaka, menjadi dosen tamu di program studi S1 Keperawatan di salah satu kampus kesehatan ternama di Jawa Timur yakni Program studi S1 Keperawatan STIKES Bina Sehat PPNI Mojokerto.

Pada kegiatan tersebut dosen USN Kolaka memberikan pemaparan terkait Asuhan keperawatan paliatif, dimana sejak 2016 Mata kuliah Keperawatan Paliatif telah menjadi salah satu mata kuliah wajib di program studi S1 Keperawatan di Indonesia. Namun hingga saat ini, dosen pengampu mata kuliah tersebut yang memiliki latar belakang pendidikan formal di bidang keperawatan paliatif masih sangat terbatas, mengingat pendidikan Keperawatan paliatif untuk jenjang magister dan doctoral hanya tersedia di beberapa Negara Maju seperti Australia, Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Jerman, Belanda, dan Swedia.

Saat ini dengan semakin meningkatnya kasus penyakit kronis yang kondisinya yang sudah tidak dapat disembuhkan dan diobati lagi membuat pasien yang menderita penyakit kronis tersebut berada dalam situasi yang sulit sehingga menjadikan masalah kesehatannya menjadi semakin kompleks. 

Penanganan masalah kesehatan yang kompleks pada pasien penyakit kronis yang sudah tidak dapat disembuhkan dan diobati lagi membutuhkan pelayanan yang holistic dan terintegrasi yang saat ini dikenal dengan Keperawatan Paliatif. Beberapa contoh kasus penyakit kronis yang dirawat di pelayanan perawatan paliatif seperti kanker (terutama kanker stadium lanjut), gagal jantung, gagal ginjal, gagal hati, stroke, HIV/AIDS, TB paru MDR, Anak dengan cacat bawaan, dan beberapa penyakit terkait system saraf.

Pemahaman terkait perawatan paliatif pada mahasiswa program studi S1 keperawatan menjadi penting mengingat jumlah pasien penyakit kronis terus meningkat, sehingga para mahasiswa saat menjalani praktik klinik di rumah sakit maupun komunitas dapat mengaplikasikannya sekaligus menjadi bekal saat bekerja dilayanan kesehatan.