D-III Keperawatan adakan Pelatihan Pembimbingan Klinik Model Preceptorship (04 Mar 21)

KOLAKA, SULAWESI TENGGARA – Program Studi D-III Keperawatan, Fakultas Sains dan Teknologi (F.Sainstek) USN Kolaka telah menyelenggarakan kegiatan pelatihan pembimbingan klinik model preceptorship untuk dosen dan pembimbing klinik selama 2 hari yaitu pada tanggal 27 - 28 Februari 2021 secara daring (online). Kegiatan ini mengambil tema “Optimalisasi Peran Preceptor dalam Pelaksanaan Pembimbingan Klinik”. Sebanyak 41 peserta yang terdiri atas perawat/bidan di Rumah Sakit dan Puskesmas wilayah Kolaka berjumlah 25 orang dan dosen prodi D-III Keperawatan berjumlah 16 orang.

Terdapat 3 orang narasumber sebagai tim pemateri pelatihan yaitu Dr. Ariyanti Saleh, S.Kep., M.Si. (Dekan Fakultas Keperawatan, Universitas Hasanuddin), Moh. Syafar Sangkala, S.Kep., Ns., MANP. (Dosen Fakultas Keperawatan, Universitas Hasanuddin) dan Titi Iswanti Afelya, S.Kep., Ns., M.Kep., Sp.MB. (Dosen Prodi Keperawatan, Universitas Cendrawasih). Dekan Fakultas Sains dan Teknologi USN Kolaka, Rina Rembah, S.T., M.T., CPHCM., turut hadir untuk memberi sambutan dan sekaligus membuka kegiatan pelatihan pembimbingan klinik model preceptorship. Dalam sambutannya, Dekan F.Sainstek berharap seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan pelatihan hingga selesai sehingga nantinya dapat memberikan pembimbingan pada mahasiswa dengan baik untuk mencapai target Learning Outcome.

Dalam kegiatan pelatihan pembimbingan klinik model preceptorship, pada hari pertama kegiatan peserta mendapatkan materi pembimbingan klinik yaitu Learning Outcome sesuai KKNI dan capaian pembelajaran klinik, konsep dasar pembelajaran klinik, model bimbingan klinik : preceptorship dan preceptor, implementasi program preceptorship, konsep evaluasi pembelajaran klinik, feedback dalam pembimbingan klinik, dan ragam evaluasi performa klinik. Hari kedua, materi yang diberikan yaitu pre dan post conference, Bed Side Teaching (BST), Microskill: One-minute preceptorship dan Ronde keperawatan. Pada hari yang sama, peserta dibagi 6 kelompok untuk melakukan roleplay pembimbingan klinik yaitu orientasi, pre & post conference, Bedside Teaching Supervisi, Bedside/familyside Teaching, One-minute preceptorship, dan Ronde Keperawatan. Seluruh peserta sangat antusias mengikuti seluruh kegiatan  pelatihan ini hingga hari kedua hingga salah satu narasumber mengatakan bahwa seluruh diharapkan dapat menjadi preceptor idola.