Re-akreditasi Program Studi Teknik Sipil Fakultas Sains dan Teknologi (26 Oct 20)

POPALIA, KOLAKA, SULAWESI TENGGARA – Suatu penantian panjang dari Program Studi Teknik Sipil Fakultas Sains dan Teknologi USN Kolaka untuk kembali mendapatkan kesempatan akreditasi (re-akreditasi) dari Badan Akreditasi Nasional (BAN-PT). Tanggal 09 Oktober 2020 diterima kabar pelaksanaan Asesmen Lapangan (AL) PS Teknik Sipil akan dilakukan secara daring pada tanggal 19 dan 20 Oktober 2020 sesuai surat Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT Nomor : 1188 / BAN-PT / SPT-AK / P / 2020 tanggal 09 Oktober 2020. Untuk diketahui, asesmen lapangan melalui daring (online) menggunakan Instrumen Akreditasi 9 Standar versi 4.0 (APS 4.0) ini merupakan yang pertama kalinya dilaksanakan di lingkup Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Sembilanbelas November Kolaka. Penerapan asesmen lapangan secara daring ini dilakukan ditengah pandemi COVID-19 yang tengah melanda.

Informasi ini merupakan kabar gembira bagi seluruh akademika Universitas Sembilanbelas November Kolaka terutama di lingkup Fakultas Sains dan Teknologi (FSainstek). Dekan FSainstek USN Kolaka melalui Wakil Dekan I (Akademik dan Kemahasiswaan) Rina Rembah, S.T., M.T. langsung memberikan instruksi agar seluruh sivitas akademika FSainstek, terutama di Program Studi Teknik Sipil untuk menyiapkan kelengkapan berkas-berkas yang dibutuhkan oleh Asesor nantinya dan agar kegiatan ini dapat dilaksanakan semaksimal mungkin. Menyikap kondisi waktu dan target re-akreditasi Program Studi Teknik Sipil, yang merupakan salah satu program studi yang telah ada sejak USN Kolaka belum menjadi Universitas negeri. Wakil Dekan I menginstruksikan agar seluruh sivitas akademika, dosen dan tenaga kependidikan (tendik) untuk saling bahu-membahu dalam mewujudkan hal tersebut 

Kegiatan asesmen hari pertama tanggal 19 Oktober 2020 tepat pukul 08.00 WIB / 09.00 WITA dibuka oleh Prof. Dr. Ir. Herman Parung, M.Sc. (Asesor 1) dari Universitas Hasanuddin Makassar dan dilanjutkan oleh Dr. Ir. Bambang Supriyadi, CES.,DEA (Asesor 2) dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Pada sesi sambutan pimpinan Perguruan Tinggi, berkesempatan hadir Wakil Dekan I Rina Rembah, S.T., M.T. dan Wakil Dekan I H. Suwarto, S.T., M.M. memberikan sambutan melalui video terkait dengan kondisi terkini FSainstek USN Kolaka dan rencana pengembangan FSainstek USN Kolaka serta harapannya terhadap akreditasi PS Teknik Sipil dalam upaya percepatan akselerasi capaian visi dan misi Universitas Sembilanbelas November Kolaka ke depannya. 

Pada sesi selanjutnya terkait dengan konfirmasi data oleh kedua asesor berjalan lancar dan dinamis. Dimana seluruh tim yang terdiri dari dosen Teknik Sipil dan tendik, bekerja keras dan kompak dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan dan menyiapkan kelengkapan bukti-bukti fisik kepada asesor. Sesi berikutnya adalah sesi tanya jawab dengan alumni yang terdiri dari wiraswasta, pegawai pemerintahan, karyawan perusahaan beserta pengguna lulusan yang merupakan pimpinan dari masing-masing alumni PS Teknik Sipil. Sesi hari pertama berakhir pukul 16.00 WITA dan dilanjutkan pada esok harinya (hari kedua).

Pada hari kedua kegiatan AL secara daring, diawali dengan tanya jawab serta bincang-bincang hangat dengan pimpinan UPPS dan dosen di PS Teknik Sipil yang berlangsung selama kurang lebih satu jam, dan pada sesi terakhir, merupakan sesi feedback dan klarifikasi Berita Acara, Ketua Program Studi Teknik Sipil Isramyano Yatjong, S.T., M.T. menyampaikan konfirmasi dan klarifikasi Berita Acara. Acara ini ditutup pandangan, kesan dan pesan dari asesor oleh Prof. Dr. Ir. Herman Parung, M.Sc. (Asesor 1) dan dilanjutkan oleh Dr. Ir. Bambang Supriyadi, CES.,DEA (Asesor 2). Mengakhiri kegiatan Asesmen Lapangan secara daring ini, segenap civitas akademika FSainstek USN Kolaka menyambut baik dan mengapresiasi pandangan kedua asesor dan menyampaikan terima kasih atas masukan-masukan untuk kemajuan Program Studi Teknik Sipil Fakultas Sains dan Teknologi USN Kolaka ke depannya. (Thur_RR)

 

Berita terkait : Tingkatkan Akreditasi, Prodi Teknik Sipil USN Kolaka Jalani Asesmen Lapangan Secara Daring