Sejarah Perkembangan Fakultas (18 Sep 20)

POPALIA, KOLAKA, SULAWESI TENGGARA  –  Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang berkedudukan di Kota Kolaka. Dalam sejarah perkembangannya, lembaga pendidikan tinggi ini didirikan pada tanggal 16 April 1984 dengan nama Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) 19 Nopember Kolaka dibawah naungan sebuah yayasan pengelola perguruan tinggi Yayasan Pembangunan Pendidikan Indonesia Kolaka (YAPPIKA) dengan Akta Notaris Nomor 23 tanggal 16 April 1984 ke kantor akte notaris di Kendari oleh tokoh-tokoh masyarakat saat itu yaitu H. Nurung, H. Baso Lewa, Drs. H. Muhammadong Maddapy, M. Si dan H. Muh. Tahrir. Kemudian berubah status dari STKIP 19 Nopember Kolaka menjadi Universitas 19 November Kolaka berdasarkan Surat Keputusan Mendiknas Nomor: 076/D/O/2005 tanggal 8 Juni 2005. Dengan perubahan status dari STKIP Kolaka menjadi Universitas 19 November Kolaka, maka perguruan tinggi ini mendapat perluasan mandat dengan kewenangan tidak hanya terbatas kepada pengembangan ilmu-ilmu keguruan dan kependidikan tetapi juga mencakup sejumlah disiplin ilmu pengetahuan. Sejak itu fakultas di Universitas 19 November menjadi 4 fakultas dengan 12 program studi yakni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FISH), Fakultas Pertanian dan Fakultas Teknik.

Kemudian Universitas 19 November Kolaka berubah menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2014 tanggal 4 April 2014 dengan nama Universitas Sembilanbelas November Kolaka.

Universitas Sembilanbelas November Kolaka (USN Kolaka) memiliki 6 fakultas, yaitu :

  • Fakultas Hukum
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Pertanian
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Teknologi Informasi

Fakultas Teknologi Informasi (FTI - USN) diresmikan sebagai fakultas baru di Universitas Sembilanbelas November Kolaka pada tanggal 14 Oktober 2010 berdasarkan SK Rektor Nomor : 213/SK-USN/PP/X/2010 tentang pembentukan Fakultas Teknologi Informasi USN Kolaka. Tanggal tersebut kemudian ditetapkan sebagai hari lahirnya FTI. Sebelum berdiri sendiri FTI merupakan embrio dari Fakultas Teknik dengan tiga program studi yakni Teknik Sipil, Teknik Pertambangan, dan Sistem Informasi yang berdiri dari tahun 2005. Setelah berdiri sendiri pada tahun ajaran 2018/2019, FTI telah menerima mahasiswa baru dengan dua program studi yaitu Sistem Informasi dan Ilmu Komputer.

Saat ini USN Kolaka telah memiliki 30 (tiga puluh) Program Studi, yaitu: Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Agribisnis, Agroteknologi, Ilmu Perikanan, Peternakan, Administrasi Publik, Hukum, Teknik Pertambangan, Teknik Sipil, Sistem Informasi, Pendidikan Geografi, Pendidikan Jasmani, Pendidikan Pancasila, Pendidikan Biologi, Pendidikan Kimia, Manajemen, Akuntansi, Ekonomi Pembangunan, Kimia, Teknologi Hasil Pertanian, Ilmu Komputer, D3 Keperawatan, Farmasi, Pendidikan Fisika, Matematika, Ilmu Kelautan, Teknik Mesin, dan Teknik Perkapalan.