Capping Day Angkatan XIX D-3 Keperawatan USN Kolaka Angkat Sumpah Perawat (28 Dec 20)

TAHOA, KOLAKA, SULAWESI TENGGARA  Capping Day Program Studi Keperawatan Program Diploma Tiga Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Sembilanbelas November Kolaka Angkat Sumpah Perawat Angkatan XVII dan XVIII. Kegiatan Capping Day Angkatan XIX mengambil tema : “Dengan Janji dan Sumpah Perawat, Mari Menjunjung Tinggi Etika dan Tanggung Jawab Bangsa”.

Untuk diketahui, Capping Day merupakan hari pemasangan cap atau topi Perawat kepada mahasiswa (i) keperawatan yang telah menyelesaikan studi semester II dan akan menempuh studi di semester III sebagai simbol bahwa para mahasiswa (i) Prodi D-3 Keperawatan USN Kolaka telah berikrar dan mengucap janji sebagai calon perawat yang telah siap melaksanakan praktek lapangan ke Rumah Sakit dan Puskesmas, setelah mendapatkan materi dan teori serta praktik klinik di laboratorium keperawatan pada semester sebelumnya.

Capping Day” ini merupakan kegiatan yang wajib dan sakral diikuti setiap mahasiswa Program Studi D-3 Keperawatan sebelum terjun ke lapangan memberikan pelayanan keperawatan kepada masyarakat, yang mana saat memberikan pelayanan, mahasiswa tidak akan membeda-bedakan pasien. Mereka bisa benar-benar berpraktik dengan menjunjung tinggi etika dan tanggung jawab profesi. Kegiatan “Capping Day” ini dilaksanakan sebelum mahasiswa turun praktik klinik ke pelayanan kesehatan baik di rumah sakit maupun puskesmas dan dilaksanakan 1 kali  untuk seluruh praktik mahasiswa selama berkuliah pada Program Studi D-III keperawatan.

Pengucapan janji mahasiswa semester III pada acara “Capping Day” berlangsung di Auditorium USN Kolaka, Selasa (24/11/2020). Dalam kegiatan ini, dihadiri oleh Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPD) PPNI Kabupaten Kolaka, Bapak Hasimin, S.H., M.H., Wakil Rektor Bidang Mahasiswa dan Alumni, Dr. Achmad Lamo, Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, Rina Rembah, S.T., M.T., dan beberapa pejabat struktural serta dosen dan mahasiswa dalam lingkup Fakultas Sains dan Teknologi USN Kolaka.

Jumlah mahasiswa yang di angkat sumpah dan janjinya yaitu sebanyak 14 orang (saat ini semester III) sesuai dengan protokol Covid-19 yang ketat yaitu 3M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan/memakai hand sanitizer).