PS Teknik Pertambangan Gelar Yudisium dan Pengukuhan Alumni Tahun 2020 (19 Nov 20)

POPALIA, SULAWESI TENGGARA – Teknik Pertambangan Fakultas Sains dan Teknologi (F.Sainstek) Universitas Sembilanbelas November Kolaka, melaksanakan Yudisium dan Pengukuhan Alumni Tahun 2020, Selasa (17/11/2020).

Acara yang berlangsung di Aula Fakultas Sains dan Teknologi ini dapat berjalan lancar, meriah dan sukses, dengan dihadiri oleh para pejabat struktural lingkup F.Sainstek, dosen, mahasiswa, dan para orang tua mahasiswa yang di yudisium dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat. Sedikit berbeda dengan acara yudisium sebelumnya, di tengah wabah pandemi Covid-19 yudisium dan pengukuhan alumni kali ini dilaksanakan dengan 2 (dua) versi yakni secara luring (off-line) dan daring (on-line) dikarenakan adanya mahasiswa yang tidak sempat hadir ke Kampus Baru Popalia.

Diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang diikuti oleh seluruh peserta yang hadir, acara dilanjutkan dengan laporan ketua panitia.

Dalam laporannya, ketua panitia acara yudisium dan pengukuhan alumni mengatakan : “yudisium bersama ini dilaksanakan untuk yang kedua dimana yang pertama tahun 2019 di hotel Sutan Raja Kolaka, dengan jumlah mahasiswa yang di yudisium berjumlah 60 org terdiri dari 3 angkatan yaitu 2013, 2014, dan 2015, terlaksananya kegiatan yudisum berkat dukungan dan kerjasama fakultas, prodi dan alumni.”

Setelah laporan dari ketua panitia, acara selanjutnya pembacaan SK Yudisium Mahasiswa yang dinyatakan lulus dan dilanjutkan dengan pembacaan janji alumni oleh Ketua Program Studi Teknik Pertambangan, Ir. Sahrul, S.T., M.T., IPP. yang diikuti seluruh mahasiswa yang di yudisium.

“Selamat atas gelar yang telah diraih, selamat datang di dunia nyata, andaikan bekal maka bekal dari kampus hanya setengah... untuk kasih penuh sampai muntah itu tugas kalian selanjutnya, ini bukan akhir masa belajar tapi permulaaan... jangan lupakan orang-orang yang memiliki andil dalam pencapaian anda terutama orangtua, istri serta orang-orang yang terlibat baik secara langsung maupun tidak... atas nama pimpinan fakultas mengucapkan terima kasih kepada dewan pembimbing dan penguji serta permohonan maaf jika pelayanan di fakultas masih kurang maksimal… mari membangun sinergi untuk kejayaan F.Sainstek. Hanya orang-orang pilihan yang BERANI keluar dari F.Sainstek #InspiringSainstek #USNSelaluBisa SAINSTEK… JAYA.. JAYA.. JAYA..” Ungkap Dekan F.Sainstek, Rina Rembah, S.T., M.T. dalam sambutan hangat yang berikan.

Sambutan berikutnya diberikan kepada Ir. Sahrul, S.T., M.T. selaku Ketua Program Studi Teknik Pertambangan. Dia mengatakan “selamat atas pencapaian mahasiswa yang di yudisium, tantangan kedepan semakin berat, yang bisa bertahan adalah orang yang mampu meningkatkan kualitas diri, selalu mau belajar dan tidak takut gagal, karena jalan kesuksesan dan jalan kegagalan itu sama, akan selalu ada kegagalan dalam setiap kesuksesan dan akan selalu ada kesuksesan dalam setiap kegagalan.”

Acara dilanjutkan dengan sambutan wali mahasiswa dalam hal ini di wakilkan kepada orang tua/wali mahasiswa atas nama Frinsca. Wali mahasiswa ini menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak prodi dan fakultas atas dukungan yang diberikan kepada anak-anak kami. “Kami bangga atas pencapaian anak-anak kami dan semoga nasib mereka menjadi lebih baik kedepan, terima kasih pada seluruh dosen pembimbing dan penguji yang telah berperan besar mengantarkan anak-anak kami mencapai gelar sarjana.” Imbuhnya dengan penuh rasa haru dan bahagia.

Menutup agenda acara yudisium, acara ditutup dengan penyampaian pesan dan kesan alumni terhadap kinerja program studi dalam menjalankan proses perkuliahan selama ini.

Hasrui Jamaluddin, S.T. yang juga merupakan mantan ketua BEM F.Sainstek mengungkapkan “Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh dosen pembimbing dan penguji serta seluruh dosen teknik pertambangan yang telah banyak membimbing, memotivasi kami sehingga kami bisa sampai pada hari ini dan di yudisum di waktu yang tepat bukan pada tepat waktu.” (Thur_RR)