PS Teknik Mesin Rampungkan Kurikulum MBKM, Gelar Sosialisasi Secara Virtual (19 Nov 20)

MAWASANGKA, BUTON TENGAH, SULAWESI TENGGARA  Program Studi Teknik Mesin merupakan program studi baru yang berada dibawah Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Sembilanbelas November Kolaka. Program Studi Teknik Mesin tebentuk/didirikan berdasarkan Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor : 828/KTP/I/2019 tentang Izin Pembukaan Program Studi pada Universitas Sembilanbelas November Kolaka di Kabupaten Kolaka, tanggal 23 September 2019. Pembukaan Program Studi Teknik Mesin ditempatkan di Kampus USN Kolaka Kabupaten Buton Tengah, berdasarkan Keputusan Rektor Universitas Sembilanbelas November Kolaka Nomor : 03/UN56/PP/2020 tentang Pembukaan Program Studi dan Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Sembilanbelas November Kolaka di Kampus Buton Tengah USN Kolaka, pada tanggal 03 Januari 2020.

Pada awal Tahun 2020, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan regulasi baru terkait standar nasional pendidikan tinggi, yaitu Permendikbud No. 3 tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti) yang mencabut dan tidak memberlakukan Permenristekdikti No. 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti) dan perubahannya pada Permenristekdikti No. 50 Tahun 2018. Permendikbud ini didalamnya memberikan keleluasaan kepada Program Studi untuk menyusun standar proses pembelajaran dalam hal ini bentuk/model pembelajaran yang lebih bervariasi yang dikenal dengan kebijakan kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM).

Untuk mewujudkan konsep kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) yang digaungkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut, oleh Peserta Latsar CPNS Kemendikbud Tahun 2020 (Akhmad Fadli Ibrahim, S.ST., M.T., sekaligus sebagai Plt. Ketua Program Studi Teknik Mesin) berupaya menyusun ulang kurikulum Program Studi Teknik Mesin Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Sembilanbelas November Kolaka sesuai dengan konsep kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM). Sebelumnya, Pada hari Rabu (11/11/2020) telah dilaksanakan Focus Group Discussion (FGD) finalisasi kurikulum MBKM Program Studi Teknik Mesin bersama dengan Tim Pengembangan Kurikulum Universitas. Dalam kegiatan FGD tersebut, Tim Pengembangan Kurikulum Universitas mengevaluasi dokumen kurikulum dan memberikan saran kepada penyusun kurikulum terkait hal-hal yang belum ada dalam dokumen kurikulum untuk segera dipenuhi sehingga menjadi dokumen kurikulum yang sesuai standar. Di akhir kegiatan tersebut Tim Pengembangan Kurikulum Universitas menyatakan persetujuan terhadap kurikulum MBKM Prodi Teknik Mesin Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Sembilanbelas November Kolaka dan siap untuk disosialisasikan.  

Pada hari Jum’at (13/11/2020) digelar kegiatan sosialisasi kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Program Studi Teknik Mesin Fakultas Sains dan Teknologi, yang disampaikan oleh Akhmad Fadli Ibrahim, S.ST., M.T. secara daring.

Sosialisasi yang berlangsung secara virtual tersebut dihadiri oleh Dekan Fakultas Sains dan Teknologi (F.Sainstek), Tim Pengembangan Kurikulum Universitas, Para Ketua Program Studi, Dosen dan Mahasiswa lingkup F.Sainstek Universitas Sembilanbelas November Kolaka, serta perwakilan dunia usaha dan industri.

Kegiatan sosialisasi tersebut diawali dengan sambutan oleh Dekan F.Sainstek, Rina Rembah, S.T., M.T., dalam sambutannya Dekan menyampaikan bahwa program pengembangan kurikulum program studi teknik mesin ini merupakan salah satu program Fakultas Sainstek dimana setiap program studi lingkup F.Sainstek dianjurkan untuk segera menyusun kurikulum MBKM. Prodi Teknik Mesin ini merupakan salah satu Prodi Baru, sehingga perlu untuk menyusun kurikulum MBKM.

Dalam kegiatan sosilisasi ini pemateri menjelaskan beberapa item terkait dokumen kurikulum yang wajib dipenuhi antara lain: Identitas Program Studi, landasan kurikulum, visi, misi dan tujuan prodi, profil dan capaian pembelajaran lulusan, bahan kajian, pembentukan mata kuliah dan penentuan bobot SKS, struktur mata kuliah, sebaran mata kuliah persemester, rencana pembelajaran semester (RPS), penilaian pembelajaran, dan implementasi hak belajar mahasiswa diluar program studi.

Sebelum kegiatan sosialisasi selesai, dilakukan diskusi terkait tema sosialisasi untuk mempertegas kesiapan Program Studi Teknik Mesin dalam menerapkan kurikulum ini. Akhirnya diharapkan kurikulum ini dapat memberikan manfaat bagi program studi, dosen dan mahasiswa dalam rangka pengembangan pembelajaran yang lebih bermutu. (Fadli)