Program Studi S-1 Teknik Sipil USN Kolaka Raih Akreditasi Baik (14 Nov 20)

KOLAKA, SULAWESI TENGGARA – Bertepatan dengan Hari Pahlawan Nasional 10 November 2020, Program Studi (Prodi) Teknik Sipil pada Program Sarjana Fakultas Sains dan Teknologi (F.Sainstek) Universitas Sembilanbelas November Kolaka berhasil meraih Akreditasi BAIK.

Pengumuman ini dirilis Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi berdasarkan keputusan BAN-PT Nomor 7229/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2020, tertanggal 10 November 2020. Akreditasi prodi ini berlaku sejak tanggal 10 November 2020 sampai dengan 10 November 2025.

Skala penilaian akreditasi program studi telah mengalami perubahan. Mulanya, akreditasi menggunakan skala A sampai C. Namun, hal itu berubah menggunakan predikat Baik, Baik Sekali, dan Unggul. Mekanisme ini tertuang dalam Peraturan BAN-PT Nomor 1 Tahun 2020 Pasal 1 Nomor 8 yang berbunyi: Peringkat Akreditasi atau peringkat Terakreditasi adalah hasil Akreditasi yang dilakukan oleh BAN-PT yang terdiri atas:

  • A, B, dan C, untuk Akreditasi yang dilakukan dengan menggunakan Instrumen Akreditasi 7 Standar; dan
  • Unggul, Baik Sekali, dan Baik untuk Akreditasi yang dilakukan dengan IAPS 4.0.

Setidaknya terdapat 9 (sembilan) standar aspek penilaian dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang tercantum IAPS 4.0, yakni, terkait (1) Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi, (2) Tata Pamong, Tata Kelola, dan Kerja Sama, (3) Mahasiswa, (4) Sumber Daya Manusia, (5) Keuangan, Sarana dan Prasarana, (6) Pendidikan, (7) Penelitian, (8) Pengabdian pada Masyarakat, (9) Luaran dan Capaian Tridharma.

Dekan F.Sainstek USN Kolaka, Rina Rembah, S.T., M.T., sangat bersyukur karena harapan untuk memperoleh re-akreditasi prodi tersebut sudah diinginkan sejak lama. Namun baru dapat terwujud saat ini, apalagi ditengah pandemi Covid-19.

Menurutnya, itu semua dapat terjadi, atas izin Allah SWT sebagai sang pemilik segalanya, kerja sama dan kerja keras tim dalam menyusun borang akreditasi serta dukungan semua elemen civitas akademika F.Sainstek USN Kolaka.

Mantan Wakil Dekan I F.Sainstek ini juga menambahkan, Akreditasi Baik yang diraih merupakan sebuah prestasi cukup besar, karena ada banyak aktor yang terlibat. Tidak hanya aktor yang sekarang memegang amanah, tapi juga yang lampau. Karenanya kontribusi semua aktor perlu diapresiasi.

Dia mengaku, dalam upaya re-akreditasi prodi tersebut, pihaknya mendapat banyak kendala. Baik secara institusi maupun bagi para alumni dalam mencari lapangan kerja.

Dengan hasil tersebut, dia berharap, dapat memberikan dampak besar bagi upaya pengembangan prodi itu kedepannya terutama bagi para lulusannya mendatang, dan mengajak kepada seluruh civitas akademika untuk terus berkarya demi kemajuan F.Sainstek.

Isramyano Yatjong, S.T., M.T. selaku Ketua Program Studi Teknik Sipil merasa sangat bersyukur dan gembira dengan prestasi yang telah dicapainya. Hal itu ia syukuri karena kerja keras dan usaha yang selama ini ia lakukan membuahkan hasil walaupun hasil yang dicapai belum maksimal.

“Saya selaku Ketua Prodi Teknik Sipil merasa sangat bersyukur dan senang atas capaian Prodi Teknik Sipil ini. Akreditasi Baik ini sangat mempengaruhi pengakuan lulusan/alumni dalam hal peluang kerja. Jika akreditasi rendah maka peluang diterimanya dalam suatu pekerjaan sangat kecil.” ucapnya.

Lebih lanjut, Isramyano mengungkapkan bahwa dalam melakukan akreditasi ini banyak hal yang perlu dipersiapkan.

“Banyak hal yang perlu dipersiapkan dan butuh rentang waktu yang panjang. Tahapan paling kruisial adalah dalam proses penyusunan LKPS dan LED 9 standar yang ditetapkan oleh BAN-PT seperti visi misi yang jelas dan realistis, masalah keuangan, sumber daya, sarana dan prasarana yang menjadi gambaran Prodi yang kemudian akan diverifikasi oleh BAN-PT. Dari situ akan dilihat bagaimana kinerja Prodi tersebut. Selain persiapan, dibutuhkan juga tim yang solid sehingga mendapatkan hasil yang maksimal,” ungkap bapak yang memiliki postur tinggi ini.

Isramyano Yatjong berharap agar kedepannya Prodi Teknik Sipil dapat memiliki kinerja yang lebih baik lagi sehingga mencapai Akreditasi Unggul dan mendapatkan pengakuan masyarakat yang lebih besar, tambahnya.

“Prodi Teknik Sipil memiliki potensi manfaat yang sangat besar di masyarakat khususnya Kab. Kolaka ini karena berkaitan dengan pembangunan infrastruktur di Kab. Kolaka yang semakin maju, dan saat ini menjadi isu utama ke depannya kelak” imbuhnya di akhir sesi diskusi. (Thur_RR)