Bentuk PkM Dosen F.Sainstek Adakan Sosialisasi Pentingnya Sertifikasi Tenaga Terampil (14 Nov 20)

SABILAMBO, KOLAKA, SULAWESI TENGGARA – Dalam rangka melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, beberapa dosen di Lingkup Fakultas Sains dan Teknologi (F.Sainstek) mengadakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM). Kegiatan PkM ini dilaksanakan secara luring di Aula Kantor Kelurahan Sabilambo, Kabupaten Kolaka dan secara daring via aplikasi Zoom pada hari Rabu (11/11).

PkM kali ini merupakan bentuk perwujudan sinergi antara perguruan tinggi, pemerintah, dan masyarakat dalam hal ini kerjasama antara Universitas Sembilanbelas November Kolaka, Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Prov. Sulawesi Tenggara dan Pemerintah Kelurahan Sabilambo. Adapun tema yang diangkat dalam kegiatan ini yaitu Sosialisasi Pentingnya Sertifikasi Tenaga Terampil Jasa Konstruksi Pada Era Milenal di Kelurahan Sabilambo.

Acara diawali dengan sambutan ketua kegiatan PkM, Syahrul, S.Si., MT. yang mengatakan kegiatan ini mengusung tema sosialisasi pentingnya sertifikasi tenaga terampil jasa konstruksi pada era milenial. Mewakili rekan-rekan dosen, Syahrul mengucapkan terima kasih kepada Dekan F.Sainstek, LPJK Prov. Sultra, dan Pemerintah Kelurahan Sabilambo atas dukungannya sehingga pengabdian kepada masyarakat tersebut dapat terselenggara dengan baik.

Plh. Lurah Sabilambo, Rudy Haeruddin, S.Sos. dalam sambutannya menyampaikan “program kegiatan sosialisasi ini sangat membantu pekerja atau tenaga konstruksi untuk dapat bersaing dalam dunia kerja yang saat ini dituntut untuk memiliki sertifikasi keahlian bagi tenaga konstruksi yang berada di kelurahan Sabilambo”.

Acara dilanjutkan dengan sambutan Ketua Program Studi Teknik Sipil, Isramyano Yatjong, S.T., M.T. mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini merupakan lanjutan kerjasama USN Kolaka dan LPJK Prov. Sultra.

Dekan FSaintek USN Kolaka, Rina Rembah, S.T., M.T., sekaligus membuka secara resmi kegiatan PkM mengatakan, pihaknya ingin bersinergi dengan semua pihak, termasuk pemerintah kelurahan dan masyarakat dalam kegiatan yang sifatnya pengabdian kepada masyarakat.

“Ini bukan akhir dari kerja sama tapi dapat diberi ruang untuk kegiatan selanjutnya,” kata mantan Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, F.Sainstek USN Kolaka itu.

Ia menambahkan, era normal baru akibat pandemi saat ini berdampak terhadap kualifikasi pekerja, sehingga diperlukan syarat administrasi berupa sertifikasi keahlian.

“Suka tidak suka, mau tidak mau ketika tidak memiliki sertifikat keahlian, maka anda akan tergeser dari persaingan dalam memperoleh pekerjaan tersebut” imbuhnya.

Sementara itu, mewakili pihak LPJK Prov. Sultra, Ir. Sukarni dalam pemaparan materi sosialisasinya yang disampaikan secara virtual, menjelaskan bagaimana menjadi pekerja terampil yang dapat bersaing di perusahaan, salah satunya dengan memiliki sertifikasi keahlian.

Adapun hadir sebagai peserta kegiatan sosialisasi adalah tukang atau pekerja jasa konstruksi yang berasal dari wilayah sekitar Sabilambo dan beberapa perwakilan mahasiswa USN Kolaka. (Thur_RR)

 

Berita serupa :

  1. Media AlKhairaat Online : http://media.alkhairaat.id/f-saintek-usn-kolaka-sosialisasi-pentingnya-sertifikasi-pekerja/
  2. Harian Oniline Sultraline.id : https://sultraline.id/bangun-sinergitas-f-sainstek-usn-kolaka-adakan-sosialisasi-pentingnya-sertifikasi-pekerja/